search blog

Minggu, 03 April 2011

Hikmah yang Terkandung dalam kehidupan Manusia yang Sebenarnya

‘MAKNA HIKMAH yang sebenarnya”
Created By. BAHTIAR (Iyhar Classic 09)

Setiap manusia pasti akan melakukan suatu kesalahan, walaupun kesalahan tersebut bersifat kecil. Manusia juga di dalam hidupnya dalam menghadapi suatu masalah pastilah akan mengambil sesuatu keputusan yang dianggap bagi dia bahwa keputusan yang diambilnya adalah keputusan yang terbaik. Namun dalam mengambil suatu keputusan itu terkadang hasil yang didapatkan adalah justru keburukan. Nah, inilah yang biasanya manusia itu akan mengalami frustasi dalam kehidupannya.
Namun apakah manusia itu sadar bahwa dalam setiap kehidupan yang dialami oleh manusia itu pasti ada hikmahnya??? . Saya tertarik dengan cerita salah satu seorang entertainment yang mempunyai sebuah cerita yang menurut saya bahwa kejadian tersebut adalah Hikmah yang sebenarnya. Kronologisnya kurang lebih seperti begini .
Beliau mempunyai cit-cita/keinginan jika kuliah nanti dia akan masuk djurusan “FARMASI”, tetapi setelah dia berhasil masuk dijurusan tersebut dia dia dihadapkan terhadap suatu masalah, yang initi dari permasalahan tersebut adalah dia harus memilih antara KULIAH atau KARIR (sebagai entertainment). Dari pilihan tersebut dia memillih untuk memilih untuk berkarirdan sehingga kuliahnyapun berantakan. Dari sudut pandang pendidikanpun pasti kita akan berpikir bahwa dia adalah seseorang yang tidak peduli akan suatu pendidikan, dia hanya ingin mencari uang dan uang.
Dan ternyata tidak lama kemudian setelah dia menjalani karirnya, ayahanda beliau terkena STROKE. Dan ayahpun adalah seorang tulang punggung keluarga,jelas ayahnya tidak bias lagi untuk mencari uang untuk kebutuhan rumah sakit dan keluarganya. Setelah dia terkena musibah tersebut dia merasa bahwa keputusan yang diambil untuk berkarir adalah suatu keputusan yang benar. Walaupun memang pendidikan harus hancur. Karena dengan karir tersebut dia bias bias merawat, membayar biaya pengobatan administrasi rumah sakit ayahnya.
Dari kronologis yang saya paparkan tersebut kita bisa melihat bahwa semua jalan yang kita ambil, keputusan yang kita ambil pasti ada Hikmah yang terkandung didalam kehidupan kita. Allah Maha adil dan menyayangi ummatnya yang berada dijalannya.
Jadi, saya dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa ternyata Hikmah adalah Hasil atau buah dari peristiwa yang terjadi. Dan kita sebagai manusia harus mencoba mengambil hikmah atas setiap peristiwa yang kita alami, baik itu yang bersifat baik ataupun yang bersifat yang buruk. Kita juga harus bisa mengerti bahwa jika peristiwa dating karena atas perbuatan kita maka kita harus menganggap bahwa itu adalah suatu teguran dari Allah SWT atas perbuatan (buruk) yang kita lakukan.
Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudariku. Mohon maaf jika ada yang salah karena pengetahuan saya yang masih kurang.

SEKIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar