search blog

Jumat, 08 April 2011

makalah promosi & periklanan

Makalah Promosi & periklanan



DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
Bab I Pendahuluan 1
A. Latar belakang 1
B. Masalah 1
C. Tujuan 1
Bab II Pembahasan 2
Bab III Segmentasi Pasar 6
Bab iv Penutup 7
Daftar pustaka

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sebuah sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang ditenagai oleh sebuah mesin. Rodanya sebaris dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil disebabkan oleh gaya giroskopik; pada kecepatan rendah pengaturan berkelanjutan setangnya oleh pengendara memberikan kestabilan.
Motor banyak variasinya: beberapa motor dilengkapi dengan papan kaki dan bukan "gagang injekan", seperti motor Tiongkok, dan mobil samping dan juga beroda tiga, yang biasa disebut sebagai trike.
Kendaraan sepeda motor merupakan kendaraan yang umum digunakan pada semua kalangan masyarakat selain harganya yang terjangaku dan bisa dikredit tentunya, menjadikan kendara yang paling top ketimbang Mobil emang sih mobil memakainya lebih nyaman apa lagi bawa teman dan hujan lagi tetapi ongkos perawatan, samsat, dan pembelian bensinnya sangat tinggi di bandingkan sepeda motor, khususnya di Indonesia pembelian kendaraan sepeda motor lebih tinggi ketimbang mobil apa lagi sekarang harga BBM naik yang membuat sepeda motor menjadi seseuatu yang lebih di gemari ketimbang mobil, selain irit motor juga sangat mudah dirawat dan tidak perlu banyak ngabisin uang apa lagi untuk sekelas kantongnya mahasiswa yang engak masalah berapa pun yang dikeluarkan asal enggak terlalu besar. Dibalik semua itu, uang paling maju dan berkembang di kalangan anak muda jaman sekarang adalah dunia balap motor yang terdiri dari berbagai macam tipe salah satunya adalah motocross. Penjualan motyorcross di Indonesia dapat dikatakan berjalan denan sangat baik dan untuk lebih memajukan penjualan maka saya mempunyai ide untuk membuat iklan yang dapat dipahami oleh para anak muda jaman sekarang sebagai trendsetter.
B. Masalah
Adapun masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1. Bagaimana perkembangan motorsross sejak pertama kali ditemukan sampai sekarang?
2. Bagaimana sejarah awal perkembangan motor Kawasaki hingga mencapai puncak kejayaannya dimasa sekarang?
3. Bagaimana cara kita melakukan segmentasi pasar terhadap penjualan motocross di Indonesia?

C. Tujuan.
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana kita melakukan segmentasi pasar terhadap iklan motorcross aar penjualan mencapai hasil yang maksimal.
BAB II
PEMBAHASAN

A. Penemuan Sepeda Motor Dan Sejarah Motorcross
Perancang pertama sepeda motor adalah Ernest Michaux seorang Perancis pada tahun 1868. Tenaga Penggerak yang dipergunakan pada waktu itu direncanakan ialah mesin uap. Proyek ini tidak berhasil, kemudian pada tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakan dengan membuat kendaraan lain yakni yang mempergunakan tiga roda dan digerakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.
Pada tahun yang sama Gottlieb Daimler memperkenalkan ciptaannya berupa sepeda bermesin, dan dengan begitu dialah sebenarnya pencipta sepeda motor yang berhasil. Bagaimana pun jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak sasmpai pada tahun 1892 Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru, yang disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897.
Motocross pertama kali dikenal sebagai event off-road Inggris disebut berebut, yang merupakan evolusi dari peristiwa percobaan sepeda motor yang populer di Inggris utara. Upaya-upaya yang dikenal pertama terjadi di Camberley, Surrey pada tahun 1924. Selama tahun 1930-an, olahraga tumbuh dalam popularitas, khususnya di Britania di mana tim dari Perusahaan Kecil Birmingham Arms (BSA), Norton, tak ada taranya, Rudge, dan AJS berkompetisi di acara. Off-road sepeda dari era yang sedikit berbeda dari yang digunakan di jalan. Persaingan ketat atas daerah kasar membawa perbaikan teknis di sepeda motor. frame kaku memberikan cara untuk suspensi dengan awal 1930-an, dan mengayunkan garpu suspensi belakang muncul dengan awal 1950-an, beberapa tahun sebelum didirikan pada sebagian besar jalan sepeda produksi. Periode setelah Perang Dunia Kedua didominasi oleh BSA yang telah menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia. BSA didominasi pengendara kompetisi internasional sepanjang tahun 1940-an
Pada tahun 1952 FIM, organisasi motor internasional, menciptakan Piala Eropa individu menggunakan rumus perpindahan mesin 500 cc. Pada tahun 1957, itu diupgrade ke status Kejuaraan Dunia. Pada tahun 1962, kejuaraan dunia 250 cc telah dibuat. Itu adalah dalam kategori 250 cc kecil bahwa perusahaan dengan sepeda motor dua tak datang ke mereka sendiri. Perusahaan seperti Husqvarna dari Swedia, CZ dari bekas Cekoslowakia dan Greeves dari Inggris, menjadi populer karena ringan dan kelincahan. Pada tahun 1960-an, kemajuan dalam teknologi mesin dua-stroke berarti bahwa lebih berat, mesin empat-stroke diturunkan ke kompetisi niche. Penunggang dari Belgia dan Swedia mulai mendominasi olahraga selama periode ini
Motocross diperkenalkan ke Amerika Serikat pada tahun 1966 ketika juara Swedia, Torsten Hallman pergi acara pameran TT Amerika. Pada tahun berikutnya, Hallman bergabung dengan motorcross bintang lainnya termasuk Roger DeCoster, Joel Robert, dan Dave Bickers. Mereka mendominasi acara menempatkan berat yang ringan dua-stroke ke posisi enam finishing top
Pada akhir 1960-an, perusahaan sepeda motor Jepang mulai menantang pabrik-pabrik Eropa untuk supremasi di dunia motorcross. Suzuki mengklaim kejuaraan dunia pertama untuk sebuah pabrik Jepang ketika memenangkan mahkota 250 cc pada tahun 1970. Motocross juga mulai tumbuh di popularitas di Amerika Serikat selama periode ini, yang memicu pertumbuhan eksplosif dalam olahraga. Stadion acara motorcross pertama diadakan pada tahun 1972 di Los Angeles Coliseum. Pada tahun 1975, kejuaraan dunia 125 cc diperkenalkan. pengendara Eropa terus mendominasi motorcross sepanjang tahun 1970-an tapi, oleh 1980-an, pengendara Amerika sudah menyusul dan mulai memenangkan kompetisi internasional
Pada awal 1980-an, pabrik-pabrik Jepang memimpin sebuah ledakan teknologi di motorcross. Khas dua tak pendingin udara, mesin twin-shock belakang suspensi memberikan cara untuk mesin yang water-cooled dan dilengkapi dengan shock absorber tunggal suspensi belakang. Pada tahun 1990, undang-undang lingkungan hidup semakin ketat di California memaksa produsen untuk mengembangkan teknologi empat tak yang ramah lingkungan. Pada pergantian abad, semua produsen utama telah mulai bersaing dengan mesin empat-stroke. perusahaan Eropa juga mengalami kebangkitan dengan Husqvarna, KTM Husaberg dan memenangkan kejuaraan dunia dengan mesin empat-stroke
FIM Motocross World Championship
Grand Prix (atau Motocross World Championship) yang dominan diselenggarakan di Eropa dengan beberapa "Flyaway" putaran, baru-baru ini di Chile, Afrika Selatan dan Jepang, tapi selama sejarahnya telah mengunjungi berbagai negara termasuk, Indonesia, Australia dan negara-negara di kedua benua Amerika . Ada tiga kelas: MX1, MX2 dan MX3 (analog dengan "450cc" dan "250cc", dan "terbuka", masing-masing). Race hari terdiri dari dua moto dengan durasi 35 menit ditambah dua laps, sementara seri lebih panjang, umumnya dilengkapi dengan lebih dari 16 ronde

AMA Motocross Championship
AMA Motocross Championship (seri "outdoor") musim dimulai pada awal Mei dan berlanjut sampai pertengahan September, dan terdiri dari dua belas di dua belas putaran di trek besar di seluruh Amerika Serikat kontinental. Ada dua kelas: [9] 250 Motocross Kelas 0-125 cc 2-stroke atau 150-250 mesin 4-stroke cc; dan Motocross 450 Kelas 150-250 cc 2-stroke atau 4 cc 251-450 - stroke mesin. Setiap babak memiliki dua motos dari tiga puluh menit ditambah dua laps
Motocross des Nations
Motocross tahunan des Nations (sekarang disebut Motocross of Nations) biasanya diadakan pada akhir tahun ketika Nasional dan seri Kejuaraan Dunia telah berakhir. Format ini melibatkan tim dari tiga pembalap yang mewakili bangsa mereka. Setiap pembalap bersaing di kelas yang berbeda (MX1, MX2 dan "Open"). Ada tiga motos dengan dua kelas yang saling bersaing per moto. Lokasi acara perubahan dari tahun ke tahun. Amerika Serikat, Belgia dan Britania Raya memiliki keberhasilan terbesar



B. Kawasaki Motorcross

Sejarah terbentuknya Kawasaki
Kawasaki memang dikenal sebagai perusahaan pembuat kapal, lokomotive, pesawat, motor dan misil. Tahun 1878 Shozo Kawasaki mendirikan Kawasaki di Tokyo sebagai perusahaan pembuat kapal. Tahun 1881 Kawasaki Hyogo Shipyard, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo, dan di tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp.
Selama Perang Dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam dan supertanker. Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki dan menjadi Kawasaki Steel Corporation. Di tahun 1949, Kawasaki memutuskan untuk memasuki industri motor dengan memproduksi engine motor.
Kawasaki membuat motor 60cc 2 stroke, dan juga 150cc dan 250cc 4 stroke dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, dimana dulunya telah mempunyai kerjasama dengan BMW di bidang industri pesawat terbang. Tahun 1954, Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh dengan nama Meihatsu.
Pada saat yang bersama kawasaki juga memproduksi scooter, namun mereka sadar bahwa agak berat untuk bersaing dengan ‘giant’ industry scooter saat itu Fuji Rabbit dan Mitshubishi Silver Pigeon.
Sejarah Kawasaki Motor sendiri nggak bisa dipisahkan dengan Meguro Motorcycles. Meguro ini di Jepang dikenal sebagai “Senior” dibandingkan Honda, Yamaha dan Suzuki… dan dianggap sebagai “King of Four Stroke”.
Meguro memasuki industri motor Jepang di tahun 1937, dan mempunyai hubungan yang baik dengan pemerintah dan menerima order yang banyak terutama untuk kebutuhan militer. Motornya pertama adalah Z97, 500cc rocker-valvez yang dipengaruhi oleh motor Swiss Motosacoche. Motor ini cukup sukses dan terus diproduksi sampai tahun 1950-an. Disamping itu, Meguro juga memproduksi 250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana juga high performance twin cylinderz. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun dibuat oleh Meguro dan pantaslah dianggap sebagai senior karena tahun segitu sudah berat-berat bikinannya. Nah di tahun 1960, Meguro diakusisi oleh Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki Motorcycles.

Perkembangan Kawasaki
Setelah Meguro Motorcycles diakuisisi oleh kawasaki, Tahun 1966, Kawasaki mulai membuat motor yang cukup canggih yaitu W1 650. Kenapa disebut cukup canggih? Karena pada saat itu, Kawasaki W1 lah motor Jepang pertama yang mempunyai cc terbesar, yang lainnya masih dibawah dalam ukuran displacement
Motor W1 ini menggunakan engine 647cc, parallel twin, air cooled. Power yang dihasilkan dapat mencapai 47HP pada 6500 RPM. W1 ini memang banyak mengadaptasikan dari British Bike BSA A7. Yah karena sebelumnya Meguro banyak mengadopsi dari BSA. Namun sayang product W1 ini kurang sukses di pasarkan di Amerika.
Kawasaki W model ini terus mengalami evolusi. Sebagai contoh pada tahun 1967 dikembangkan W1SS dimana terjadi perubahan pada exhaust muffler. Demikian pula W2SS ditambahkan second carburator untuk improve performance. Terus setiap tahun dilakukan penyempurnaan sampai dengan tahun 1973 dengan W3 nya yang sudah mengadopsi dual disc front brake. Tahun 1974, Kawasaki W model productnya sudah discontinued.
Berikutnya Kawasaki mengembangkan motor yang lebih kecil cc nya yaitu A1 Samurai yang mempunyai engine 250cc dan A7 Avenger yang mempunyai engine 350cc. Product ini lumayan cukup sukses dibandingkan product sebelumnya W1. Kawasaki terus menerus mengembangkan high performance motor. Tahun 1969 sudah mengembangkan H1 yang mempunyai engine 500cc. H1 ini juga dikenal dengan nama Mach III. Disamping itu juga mengembangkan versi yang lebih kecil yaitu S1 yang mempunyai engine 250cc dan S2 yang mempunyai engine 350cc. Tahun 1972, mengembangkan engine yang besar yaitu 750cc yaitu H2 atau Mach IV. Kemudian ada aturan mengenai emisi yang menyebabkan H model nggak diproduksi lagi.
Pada saa itu yang bisa ngimbangin H2 adalah Honda CB750. Namun kawasaki membalasnya dengan mengeluarkan Kawasaki Z1, yang mempunyai engine 903cc. Dan kembali Kawasaki merebut gelar “King of Motorcycles” dengan Z1 nya. Z1 ini cukup terkenal dengan price and performance ratio.
Mulailah setiap pabrikan mulai ngelirik untuk mendapatkan gelar “Fastest Bikez” Dan ini nantinya akan membawa perseteruan diantara pabrikan Jepang untuk membuat motor yang tercepat, khususnya antara Kawasaki vs Suzuki.
BAB III
SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar merupakan langkah yang diambil oleh perusahaan dalam menentukan sasaran pasar. Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar suatu produk yang bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen (Stanton, 1978). Jadi perusahaan membagi pasarnya ke dalam segmen-segmen pasar tertentu dimana masing-masing segmen tersebut bersifat homogen. Hal ini disebabkan karena pada kenyataannya banyak produk yang bersifat heterogen bagi seluruh pasar, atau produk tersebut hanya diperlukan oleh kelompok pasar tertentu saja. Homogenitas masingJurnal masing segmen disebabkan oleh adanya perbedaan-perbedaan dalam kebiasaan membeli, cara penggunaan barang, kebutuhan pemakai, motif pembelian, tujuan pembelian dan sebagainya.

Variable – variable segmentasi pasar
1. Segmentasi geografis
Penjualan motocross dilakukan pada wilayah – wilayah yang mempunayi jalur khusus atau tempat untuk beroperasinya kendaraan ini. Untuk produk ini sendiri, dicari wilayah yang memilki struktur tanah kurang baik.
2. Segmentasi Demografi
a. Jenis Kelamin :Motor yang ditawarkan dapat dibeli oleh pria maupun wanita
b. Usia : minimal 17 tahun dikarenakan dalam proses pembelian harus menggunakan KTP
c. Harga : Kawasaki menawarkan harga motor yang bervariasi sesuai dengan keinginan pembeli

3. Segmentasi Psikografi
a. Kelas Sosial : kawasaki menawarkan produk dengan berbagai jenis kalangan
b. Desain : Kawasaki selalu mengeluarkan desain motor yang inovatif
c. Jenis : Toyota menawarkan jenis-jenis mobil sepertisupermoto, trail dan slalom sehingga pembeli dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya masing-masing

4. Segmentasi Behavorial
a. Sparepart kawasaki yang mudah didapat dan cukup murah sehingga harganya terjangkau
b. Mesin motor yang lebih awet dibandingkan dengan pesaing
c. Customer care 24 jam

BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang dapat diambil dalam makalah ini adalah:
1. Kita mengetahui sejarah awal penemuan sepeda motor hingga perkembanannya di saat ini
2. Kawasaki motor merupakan produsen motor yang sampai sekarang masih eksis di dunia balap
3. Segmentsi pasar adalah salah satu upaya untuk menganalisis produk sebelum dijual kepada konsumen
4. Dengan menggunakan segmentasi pasar kiat dapat dengan mudah memilah – milah konsumen berdasarkan factor geografis, demografis, psikografis dan behavioralnya.
5. Iklan motocross ini dapat mendatangkan profit bagi produsen karena model pembuatan iklan yang sangat menarik dan mudah dimengerti oleh konsumen.

DAFTAR PUSTAKA

http://sicodely.multiply.com/journal/item/sejarah+motorcross
www.imi.co.id/ruler/motorsport
http://wikipedia.org/sepedamotor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar